Rabu, 21 Maret 2012

Pesona Pantai Parangtritis, Antara Keindahan Pantai dan Mitos Ratu Kidul

Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat pariwisata di Kabupaten Bantul, Propinsi Yogyakarta yang terletak kurang lebih 30 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis merupakan objek wisata pantai yang cukup terkenal di Yogyakarta. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung – gunung pasir yang tinggi di sekitar pantai, gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk.
Pantai Parangtritis Pesona Pantai Parangtritis, Antara Keindahan Pantai dan Mitos Ratu Kidul
Selain Pesona Pantai Parangtritis, di pantai ini terdapat pemandian yang disebut Parang Wedang konon air di pemandian dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kulit, air dari pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pengunungan di lokasi tersebut. Lokasi lain di Pantai ini adalah Pantai Parang Kusumo dimana terdapat mitos di pantai tersebut terdapat tempat untuk pertemuan antara Raja Yogjakarta dengan Ratu laut selatan atau lebih dikenal dengan nama Nyai Roro Kidul.
Pada hari-hari tertentu (biasa bulan suro) di sini dilakukan persembahan sesajian (Labuhan) bagi Ratu Laut Selatan atau dalam bahasa Jawa disebut Nyai Rara Kidul. Penduduk setempat percaya bahwa seseorang dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau muda jika berada di pantai ini. Pantai Parangtritis menjadi tempat kunjungan utama wisatawan terutama pada malam tahun baru Jawa (1 muharram/Suro).
Keindahan Pantai Parangtritis Pesona Pantai Parangtritis, Antara Keindahan Pantai dan Mitos Ratu Kidul
Di kalangan masyarakat setempat, kejadian misterius semacam itu, semakin menguatkan mitos bahwa penguasa laut yang lazim disebut Nyi Roro Kidul (Ratu Pantai Selatan), suka “melenyapkan” orang yang tidak mengindahkan kaidah alam. Dari sisi ilmiah, kejadian semacam itu makin menguatkan teori bahwa palung laut selatan Jawa memang sarat arus bawah yang terus bergerak. Benda apa saja yang terseret ombak dari bibir pantai, terseret ke bawah dan terdampar pada lokasi berbeda.
Kepercayaan masyarakat setempat tentang legenda Nyi Roro Kidul juga dengan sendirinya melahirkan pesona tersendiri. Hampir setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, para pengunjung maupun nelayan setempat melakukan upacara ritual di pantai tersebut. Acara ritual diwarnai pelarungan sesajen dan kembang warna-warni ke laut. Puncak acara ritual biasanya terjadi pada malam 1 Suro, dan dua-tiga hari setelah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Intinya, nelayan meminta keselamatan dan kemurahan rezeki dari penguasa bumi dan langit.
Sunset Pantai Parangtritis Pesona Pantai Parangtritis, Antara Keindahan Pantai dan Mitos Ratu Kidul
Terlepas dari semua itu Pantai Parangtritis tetap menghadirkan sejuta keindahan. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemda Bantul dengan cukup baik meskipun masih ada banyak hal yang perlu diperbaiki. Di objek wisata ini disediakan mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas parangtritis. Disamping itu di sekitar Pantai Parangtritis banyak terdapat kamar mandi umum yang disediakan untuk para pengunjung. Anda juga dapat melihat-lihat di sekitar Pantai Parangtritis dengan menggunakan ‘Andong’ (kereta kuda) yang siap mengantar anda menikmati pemandangan di tepi Pantai Parangtritis.
Untuk mencapai lokasi wisata Pantai Parangtritis anda dapat melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor atau mobil, karena jalan yang akan dilewati langsung menuju Pantai Parangtritis. Jika anda ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan bis umum, bisa dilakukan dengan naik bis umum dari terminal Umbulharjo Yogyakarta.
Ada dua alternatif rute yang dapat diambil untuk mencapai Pantai Parangtritis.
Alternatif 1 :
Yogyakarta-Imogiri-Siluk-Pantai Parangtritis, jaraknya sekitar 30 km. Rute ini melewati pemakaman keluarga keraton. Hal yang menarik dari rute ini adalah pemandangan yang sangat indah karena disebelah kanan dan kiri jalan terdapat bukit kapur dengan konturnya yang bermacam-macam dan unik.
Alternatif 2 :
Yogyakarta-Kretek-Pantai Parangtritis, segala macam jenis kendaraan dapat melalui rute ini, karena rute ini langsung ke Pantai Parangtritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar