Peranan Informasi dan Pengetahuan dalam Memberi Inspirasi Kemajuan Bangsa
Era
globalisasi telah tiba, era internet tengah melanda negeri ini.
Kemudahan akses internet telah membuka segala informasi secara global. Jarak jauh
dan sekat antarbangsa serasa hilang dan dekat dengan adanya informasi
yang disuguhkan internet. Indonesia telah memainkan peran besar dalam
dunia marketing, terutama internet marketing. Pasar potensial dunia
tengah melirik negeri kita, bayangkan berapa banyak manusia negeri kita
sedang update status Facebook tiap hari, nge-tweet dengan beberapa
sahabat dan rekan maupun ber-Blackberry Messenger dalam urusan bisnis
yang makin memperkuat besarnya dunia internet yang diharapkan mampu
menaikkan pangsa besar internet di dunia informasi Indonesia. Informasi tak lekang oleh zaman,
kebutuhan akan akses informasi akan selalu ada.
Menurut
data www.internetworldstats.com dengan menilik ke negeri tercinta
berdasar pada data tersebut pengguna internet Indonesia di tahun 2000
melonjak drastis dari 2 juta orang sekarang sudah mencapai 30 juta
jiwa, atau 12,3 % dari populasi di Indonesia di tahun 2010. Data ini
merupakan peluang besar berbagai macam bisnis yang dapat ditampilkan
pada dunia maya, penjualan barang dan jasa lewat jejaring sosial, web
maupun blog-pun makin marak. Kebutuhan informasi ter-update juga
dibutuhkan secara tidak langsung, portal-portal berita akan menjadi
jujugan selain Televisi dan Radio, salah satunya adalah media internet
yang baru yaitu visimaya.com. Visimaya.com sebagai
sebuah portal informasi
yang masih berusia muda. Visimaya.Com mengemban visi dan misi untuk
menjadi gerbang informasi
dan inspirasi bagi publik tanah air. Manajemen
VisiMaya saat ini terus berbenah diri melengkapi fitur / menu web
demi memuaskan pengunjung. Ke depannya akan menyusul fitur-fitur baru
seperti Forum VisiMaya, Ruang Info Kerja, Ruang Bisnis UKM / Waralaba,
Info Ponsel, Info Otomotif, Info Gadget, dan sebagainya. Sebagai
sarana bisnis Visimaya.com akan memberikan keuntungan tersendiri bagi
para member.
Indonesia telah banyak mengalami perkembangan jaman,
media di Indonesia tidak di-bredel lagi bila berhadapan dengan
pemerintah. Media termasuk internet, mau tidak mau telah signifikan
dalam memajukan IPTEK di Indonesia. Nah yang menjadi perkembangan paling
signifikan adalah penggunaan jejaring sosial twitter maupun facebook.
Tak dinyana lagi Indonesia sangat fenomenal untuk urusan Twitter.
Beberapa kali trending topic diisi oleh twit-twit dari
Indonesia. Saking fenomenalnya, banyak perusahaan kini terjun langsung
berhadapan dengan konsumen di Twitter. Banyak perusahaan maupun
individu menarik konsumennya dengan mengadakan kuis yang berada di
Twitter. Banyak kuis lebih mengena di twitter dibanding facebook, kala
menggunakan twitter kita bisa langsung mengetahui di timeline teman kita
tentang kuis meskipun kita tidak menjadi followernya. Dan bila kita
udah follow kita akan bisa menjajal kuis tersebut. Namun kadang follower
hanya memanfaatkan momen tersebut untuk meraih hadiahnya kadang tanpa
pernah tahu menahu tentang produk produsen pemilik kuis. Kadang ada juga
follower yang telah mempunyai produk tersebut, namun memilih masih
mengikuti kuis dengan alasan beragam seperti pingin punya produk
produsen pemilik kuis yang terbaru dsb. Namun pilihan produsen pemilik
akun twitter tidak hanya menggaet kalangan pemilik produk, tapi telah
menginduksi follower lain yang bukan pemilik produk sehingga menjadi
konsumen yang potensial untuk digarap. Itulah sebuah strategi jitu bagi
produsen pemilik akun twitter. Twitter telah menjadi sebuah fenomena
dahsyat selain facebook, tidak hanya di internet marketing tapi juga di
dunia politik.
Fenomena jejaring sosial facebook maupun twitter
telah mampu menggulingkan sebuah pemerintahan di Tunisia. Bahkan kasus
negara Mesir demonstrasi yang digulirkan adalah peran dari pengguna
internet yang menggunakan jejaring sosial untuk menggalang dukungan. Tak
pelak lagi pemerintah Mesir harus memutus jaringan intenet disana
sebagai upaya memutus rantai pesan-pesan anti pemerintah. Sebuah
fenomena bukan!
Penggunaan arus IPTEK tidak hanya dirasakan
secara dunia maya saja tetepi telah membuka masyarakat yang ada di
pelosok desa. Bayangkan tanpa dukungan teknologi dan informasi melalui
jaringan internet, seorang pengrajin, petani dsb yang bermukim di
daerah pelosok yang hendak memasarkan hasil kerajinannya maupun
produksi pertaniannya, harus melalui cara-cara konvensional dengan
bantuan para tengkulak. Sehingga hasil jerih payah petani maupun
pengrajin kadang tidak sesuai dengan kerja kerasnya dan hanya
dipermainkan tengkulak. Inilah peran internet, internet telah mampu
menjembatani antara produsen dengan konsumen secara langsung meskipun
lewat dunia maya. Petani maupun pengrajin tidak seenaknya dipermainkan
tengkulak. Pada intinya para pengrajin ataupun petani harus "melek"
internet. Tantangan baru bagi masyarakat di pelosok desa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar